Rabu, 16 Januari 2008

SIDANG UMUM MPM REMA UNY

Sehubungan dengan periode pergantian kepengurusan Ormawa Republik Mahasiswa (REMA) UNY, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) REMA UNY menyelenggarakan Sidang Umum MPM REMA UNY, Jumat-Senin (4-7/1) di aula registrasi UNY. Acara di buka oleh Rektor UNY, Prof. Sugeng Mardiyono, Ph.D.Dalam sambutannya, Rektor mengatakan, kita bersama-sama melakukan tugas sesuai bidang tugasnya masing-masing untuk menjalan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Setiap tahunnya diharapkan adanya kemajuan dan inovasi. Baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa selain meningkatkan kemampuan akademik juga diharapkan untuk meningkatkan tatasusila, moralitas, dan kepribadian.Dalam sistem pengembangan manajemen UNY, kita mengupayakan supaya institusi kita menjadi yang unggul. Selain itu juga bagaimana agar dosen , karyawan, dan mahasiswa mencapai kesejahteraan lahir dan batin.
Kita telah mengenal dan melakukan olah pikir, olah rasa, dan olah raga. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah olah hati. Banyaknya koruptor adalah karena olah hatinya masih tertutup. Ketua MPM Rema UNY, Suyata, mengatakan Sidang Umum MPM REMA Universitas Negeri Yogyakarta merupakan permusyawaratan tertinggi dalam Sistem Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UNY. Moment ini adalah media untuk melakukan proses regenerasi dalam tubuh ormawa UNY. Menjadi sebuah keharusan atas bergulirnya kepemimpinan di sebuah organisasi untuk terus melakukan dinamisasi gerakan mahasiswa.
MPM sebagai lembaga tertinggi dan koordinator seluruh organisasi mahasiswa dalam struktur Republik Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dituntut untuk mampu mengkoordinasikan dan mensinergiskan seluruh elemen organisasi mahasiswa sekaligus melakukan kontrol terhadap kinerja organisasi mahasiswa di UNY untuk menuju suatu entitas dunia kemahasiswaan yang dinamis, cerdas dan mencerahkan. Oleh karena itu untuk perbaikan kinerja REMA UNY secara keseluruhan maka diperlukan evaluasi, pertanggungjawaban, sekaligus rekomendasi bersama dari seluruh mahasiswa UNY yang direpresentasikan.dalam Sidang Umum MPM REMA UNY. Lanjut Suyata, organisasi kemahasiswaan, sebagai wadah pembinaan, pengembangan potensi sekaligus ajang aktualisasi diri para mahasiswa. Organisasi mahasiswa dapat dikatakan ideal apabila organisasi tersebut berlandaskan pada objektifitas dan senantiasa memberikan kontribusi guna memberdayakan SDM dengan optimal dan tepat sasaran.
Organisasi-organisasi mahasiswa di bawah naungan REMA UNY sebagai fungsionaris pemerintahan REMA UNY memiliki keharusan supaya senantiasa berkoordinasi dalam hal keorganisasian, menyangkut kemaslahatan mahasiswa dan kondisi ormawa. Pelaksanaan kegiatan, pengambilan kebijakan dan hal-hal lain menyangkut kepentingan mahasiswa oleh REMA UNY harus diupayakan semaksimal mungkin agar konsekuensi dari tanggungjawabnya terpenuhi.

Tidak ada komentar: