Senin, 14 Januari 2008

Matinya Sosial

pada dasarnya matinya sosial di tandai oleh kondisi masyarakat dengan dihadapkan oleh situasi kemajuan teknologi informasi, kondisi masyarakat tersebut mempengaruhi tingkah laku dalam memainkan interaksi sosial yang di gunakan sehari-hari lewat media, baik melalui telepon maupun internet.
kondisi masyarakat disini sangat kritis menyingkapi kemajuan dalam bidang teknologi informasi, berbagai tingkah laku tersebut, setiap individu tidak lagi ber inteaksi berhadapan sesama individu, tetapi melalui teknoligi, sehingga matinya sosial terjadi karena interaksi yang tidak dihadapkan langsung sesama individu, sehingga memunculkan komunitas maya, kelompok maya, budaya maya, dan interaksi maya. mereka disini mempunyai peraturan sendiri tidak terikat oleh aturan-aturan yang normal, contohnya dalam penggunaan bahasa yang berupa simbol, serta hukum yang mengatur nilai dan norma-norma yang berku dalam masyarakat.
pada awalnya munculnya budaya maya, terjadi sejak permulaan dunia ketiga yaitu awal abad 20, mereka dihadapkan situasi yang kritis dan tidak terkendalinya kontrol manusia atas aturan norma-norma yang berlaku dalam masyarakatm, budaya-budaya tersebut menjadikan suatu kebutuhan hidup yang mengilustrasikan dunia yang tak normal atau dunia penu impian (maya)
budaya-budaya tersebut akan menjadikan acuan dalam proses interaksi yang maya, tetapi hal ini, terdapatnya suatu kesenjangan budaya maya yang terjadi, yaitu tidak adanya batasan aturan maka akan disalah gunakan oleh setiap penikmat dunia maya.
budaya tersebut mengilustrasikan adanya budaya tubuh sosial, dan penikmat tubuh sosial. dalam hal ini budaya tubuh dan penikmat memberikan tawaran yang sangat penting untuk menyenangkan individu dalam komunitas maya.
zucky sos

1 komentar:

MY IDENTITY mengatakan...

ass...SALAM SOSIOLOGI....tulisan "Matinya Sosial"x kok sedikit? Oyah, slm knal y,kemarin2 sy pernah berkunjung ke HIMA Sos UNY,ktm jg dg tmn2 dsana,dosen2x,ketua Himax,,by:janual aidi..Visit me in www.janualaidi01.blogspot.com